Asal Pengunjung

SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate

Total Tayangan Laman

Recent Post


Jumat, 22 Oktober 2010

Tahukah Anda, bahwa Lagu Kulihat Ibu Pertiwi itu Karya Jiplakan?


oleh: sem505    

Pengarang : Sem505
 
Kulihat ibu pertiwi sedang bersusah hati, air matamu berlinang mas intanmu terkenang, hutan gunung sawah lautan simpanan kekayaan, kini ibu sedang susah merintih dan berdoa,
Siapa pencipta lagu yang berjudul Ibu Pertiwi ini? Pasti jawabannya tidak tahu. Tahukah Anda pula, kalau lagu ini karya jiplakan? Perbuatan yang memalukan bangsa kita karya plagiat ini justru diterima sebagai LAGU NASIONAL dan diajarkan secara resmi di sekolah sejak SD sampe mahasiswa.
Lagu ini (nada, irama, birama, notasi, dll kecuali liriknya) sama persis dengan lagu gerejawi yang dua kali diterjemahkan dari karya Charles Crozart Converse (1868), komposer Amerika Serikat (1832-1918). Lirik berjudul 'What a friend we have in Jesus', karya Joseph Medlicott Scriven (1855).
Terjemahan bahasa Indonesianya pertama kali dilakukan oleh C.Ch.J, Schreuder dan L.J.M. Tupamahu (awal 1900-an?) dan masuk dalam Nyanyian Dua Sahabat Lama (Nomor 201). Lalu diterjemahkan lagi oleh Yayasan Musik Gereja tahun 1975, dan menjadi lagu gereja di Indonesia dalam buku Kidung Jemaat (Nomor 453).
Siapa sih pencipta (baca: plagiator) lagu yang kemudian menjadi lagu nasional Indonesia ini? Abdullah Kamsidi (http://komponiskamsidi.multiply.com/journal/item/1/Sejarah_musik_kota_Solo) menulis bahwa pencipta lagu Ibu Pertiwi adalah komponis asal Solo, Kamsidi Samsuddin. Andaikan benar si Kamsidi Samsuddin penciptanya, maka perlu dipertanyakan julukan komponisnya. Karena itu, pemerintah harus mencabut lagu Kulihat Ibu Pertiwi dari daftar lagu-lagu nasional. Jika tidak, kita tidak perlu salahkan bangsa Malaysia menjiplak karya bangsa kitai, karena kita sendiri bangsa penjiplak.
Info lengkap, silakan klik link di bawah.

Diterbitkan di: Oktober 22, 2010
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

3 Tanggapan:

  1. Saya suka dengan tulisan-tulisan anda sebagai praktisi hukum, tapi akan lebih baikbila dipertebal rasa Nasionalisnya.

    BalasHapus
  2. betul.. kritik dan komentar atas dasar kebenaran dan mau menerima itu yang kita butuhkan.. jangan giliran negara lain plagiat kita komennya bukan main rendah setengah mati..

    BalasHapus
  3. Hak cipta lagu kalo ga salah 100tahun . Setelah itu bisa dioprek2 dan bilang lagu ciptaannya sendiri, tapi tetap ga tau malu. Kita juga bisa oprek2 karya mozart, dan dan bilang lagu mozart adalah ciptaan kita. Tapi apa ga malu?

    BalasHapus

Item Reviewed: Tahukah Anda, bahwa Lagu Kulihat Ibu Pertiwi itu Karya Jiplakan? Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi

Daftar ISI Label